Parepareterkini.Com, Makassar – Para Bupati dan Wali Kota yang tergabung dalam Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) termasuk Pemerintah Kota Parepare, siap mewujudkan Stop BABs 100 persen di daerah masing masing.

Itu ditandai dengan penandatanganan Deklarasi Makassar terkait tuntas sanitasi oleh Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe bersama anggota AKKOPSI di ajang Advocacy Horizontal Learning (AHL) di Hotel Rinra Makassar.

Advocacy Horizontal Learning yang mengusung tema utama Tuntas Sanitasi 2020 melalui Tuntas ODF, Pengelolaan Sanitasi Aman dan Tuntas Stanting, berlangsung 12-13 Februari 2019. 

Ikut hadir bersama wali kota, Wakil Wali Kota Parepare, H Pangerang Rahim. Di ajang itu seluruh anggota AKKOPSI  berkomitmen memastikan semua jajaran pemerintahan, mitra pembangunan, dan berbagai simpul masyarakat untuk sama-sama mewujudkan Stop BABs 100 persen di daerah masing-masing. 

Wali Kota Taufan Pawe mengatakan, di ajang ini pemerintah daerah diharapkan meningkatkan partisipasi masyarakat, mendorong keterlibatan pihak swasta, serta mengoptimalkan berbagai alternatif pendanaan, termasuk melaksanakan fatwa MUI dalam penggunaan zakat, infaq, dan wakaf.

Pada 2018, Pemkot Parepare mendapatkan penghargaan Kota Stop BABS (buang air besar sembarangan) atau Kota ODF (Open Defecation Free) dan salah satu kabupaten/kota terbaik dalam pembangunan AMPL (Air Minum dan Penyehatan Lingkungan) di Provinsi Sulsel. (*)