PAREPARETERKINI.COM, PAREPARE – Pemerintah Kota Parepare melalui Kantor Dinas Kesehatan mengintensifkan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) khususnya di wilayah Kecamatan Bacukiki Barat.

Beberapa titik rawan menjadi sasaran PSN. Di antaranya di wilayah Kelurahan Tiro Sompe, Cappa Galung, Sumpang Minangae, Bumi Harapan.

Kepala Puskesmas Lumpue, Kantor Dinas Kesehatan, Irnawaty, mengatakan, gerakan PSN dengan turun langsung ke rumah warga membagikan bubuk abate bahkan hingga fogging ini untuk mengantisipasi merebaknya demam berdarah dengue (DBD).

“Kami turun ke rumah-rumah warga di Kampung Mandar, Bumi Harapan, dan wilayah lainnya untuk memastikan tidak ada jentik yang bersarang di tempat air warga. Kami bagikan bubuk abate. Hingga kami fogging di Bumi Harapan,” ungkap Irnawaty. Senin (10/02/2020).

Irnawaty mengingatkan, saat ini demam berdarah mulai menunjukkan jumlah kasus yang cukup mengkhawatirkan.

“Jadi kami mengimbau kalau ada lento-lento atau jentik di penampungan air ta, segera kuras penampungan tersebut,” ingat dia.

Dia juga berpesan, kurangi menggantung pakaian sampai berjubel-jubel di rumah. Wadah seperti kaleng, ban bekas, drum, botol dan gelas air mineral kemasan yang bisa menampung air hujan segera kubur atau ditata dengan baik sehingga tidak bisa menampung air.

“Anak-anak ta kalau ke sekolah pakaikan ki lotion anti nyamuk atau minyak telon. Biasakan pula berperilaku hidup bersih dan sehat,” harapnya. (adm)