PAREPARETERKINI.COM, PAREPARE – Pemerintah Kota Parepare melalui Kantor Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) mengajak seluruh masyarakat turut merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Parepare yang ke-60 tahun. Acara di buka 20-26 Februari di Lapangan Andi Makkasau Parepare.

Inovasi Kantor Disporapar kali ini, menyajikan berbagai hiburan lomba budaya. Lomba itu merupakan salah satu rangkaian di acara Festival Tapadallaoki Parepare (TP Fest).

Kepala Disporapar Kota Parepare, Amarun Agung Hamka mengatakan, ada beberapa lomba budaya yang akan digelar. Seperti lomba Tari Kreasi, Tari Gandrang Bulo, Mangasing dan Mallongga.

Ia menjelaskan, lomba Tari Kreasi dilaksanakan sebagai bentuk membina, mengembangkan dan meningkatkan kreativitas pemuda Parepare dan sekitarnya.

Begitupun Tari Gandrang Bulo, lanjut dia, menyiratkan kebersamaan, kekeluargaan dan keceriaan yang menggambarkan ciri masyarakat Sulsel.

“Lomba tari ini diharapkan dapat melestarikan serta meningkatkan apresiasi masyarakat khususnya pelajar, terhadap seni tari melalui TP Fest,” ujarnya, Selasa (10/2/2020).

Mantan Kabag Humas Setdako Parepare ini menambahkan, permainan lokal juga dilombakan pada acara TP Fest. Seperti lomba Mangasing dan lomba Mallongga.

Menurutnya, manggasing dan mallongga merupakan salah satu permainan tradisional Bugis yang mulai ditinggalkan akibat beralihnya anak-anak bermain dgn Gadget.

“Ayo lestarikan budaya kita melalui lomba. Permainan ini diadakan bagi anak Sekolah Dasar untuk menyatakan keceriaan mereka,” katanya.

Selain menari dan bermain, lanjut Hamka, TP Fest juga menyajikan Seminar Enterpreneur yang membahas terkait content creator, dengan mengikuti perkembangan jaman.

“Content creator merupakan profesi yang kini sedang naik daun di era perkembangan dunia digital. Popularitas dan endorse dari berbagai brand, tentu saja menantang setiap orang untuk mencobanya. Nah, apa sih content creator itu? Ikuti Seminar Enterpreneur sebagai salah satu rangkaian TP Fest,” tandasnya. (adm)