PAREPARETERKINI.COM, PAREPARE – Pendidikan karakter tidak cukup hanya diajarkan di kelas tetapi harus diaplikasikan secara langsung dalam kehidupan sehari-hari.

Hal inilah yang dilakukan oleh belasan siswa dari Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) KH Ahmad Dahlan Kota Parepare dengan mengunjungi beberapa rumah orang lanjut usia (lansia) bekerjasama Lazismu Kota Parepare dalam program Lazismu Senior Care.

Para siswa SDIT tersebut dengan riang gembira naik ke rumah-rumah warga di Kelurahan Bukit Harapan dan Wattang Soreang Kota Parepare, Kamis, (5/3/2020), dengan menyerahkan paket sembako berupa beras.

Program itu mendapat apresiasi dari Ketua PKK Parepare yang juga Ketua Lazismu, Hj Erna Rasyid Taufan.

Program ini kata dia, dinilai layak mendapat jempol karena mengajarkan dan mengaplikasikan langsung pendidikan karakter terhadap pelajar.

“Luar biasa, tidak hanya di kelas tetapi lansung dipraktikkan dalam kehidupan sosial. Karakter itu memang harus dimulai sejak dini dan harus dibiasakan sehingga menjadi karakter. Karakter tidak bisa instan tetapi harus ada upaya yang terencana dan sisematis. Tak kalah pentingnya adalah adanya keteladanan,” ungkap Erna Rasyid Taufan.

Program aksi sosial ini disambut antusias dan penuh kegembiraan oleh para siswa sekolah unggulan Muhammadiyah Parepare ini.

Kepala sekolah SDIT KH Ahmad Dahlan Saiful Amir mengatakan, program iniĀ  merupakan salah satu upaya nyata pendidikan karakter yang bertujuan dalam mengasah dan mendidik siswa untukĀ  peduli terhadap sesama.

“Bagaimana merasakan sikap empati kepada orang dhuafa. Kali ini sasarannya adalah para janda dan lansia sekaligus mengajarkan etika menghormati orang tua,” ujar Syaiful. (adm)