PAREPARE, PARE POS — Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Parepare mulai turun melakukan penyelidikan guna mengetahui penyebab kebakaran dua Kapal Layar Motor (KLM) di Pelabuhan Rakyat Lontangnge, Kota Parepare.

Kepala Kantor KSOP Parepare, Triono yang ditemui mengatakan, laporan awal sebelum Berita Acara Pemeriksaan (BAP), awak kapal menyampaikan ada percikan api dari Ruangan Mesin.

“Ini baru mau kita dalami dulu,” ujar Triono saat ditemui, Kamis 27, Januari 2022.

Kebakaran kapal di pelabuhan rakyat Lontang’E Kota Parepare.

Nakhoda kapal dimintai keterangan oleh KSOP Parepare guna mengetahui pemicu terjadinya kebakaran. “Ini kecelakaan kapal. Makanya KSOP melakukan pemeriksaan. Apakah ada tindak pidana di dalamnya atau tidak. Mungkin dalam waktu singkat kita dapat menyimpulkan dari mana asal api tersebut. Pemeriksaannya masih berproses,” ungkapnya.

Kata Triono, kebakaran KLM Tanjung Bunga Selamat dan KLM Maritim Jaya terjadi sekira pukul 02.30 WITA. Kebakaran terjadi di KLM Tanjung Bunga Selamat, kemudian KLM Maritim Jaya yang berada di sebelahnya ikut terbakar.

“Posisi kedua kapal berdampingan. Ada dua awak kapal di KLM Tanjung Bunga Selamat yang sementara melakukan persiapan keberangkatan pagi harinya karena telah dimuati beras dan telur. Sedangkan KLM Maritim Jaya itu baru tiba dan kondisinya kosong. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” katanya.