Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Parepare, Amarun Agung Hamka mendampingi Bupati Buton Utara Ridwan Zakaria mengunjungi Kebun Raya Jompie Kota Parepare.

PAREPARE, PAREPARETERKINI.COM – Bupati Buton Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara, Ridwan Zakaria melakukan kunjungan di Kota Parepare.

Salah satu tempat yang pertama ia kunjungi yakni Kebun Raya Jompie, di Kecamatan Soreang.

Rombongan Ridwan Zakaria diterima oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Budi Rusdi dan Plt. Kadis Kominfo Parepare, Amarun Agung Hamka mewakili Walikota Parepare Taufan Pawe. Jumat, (4/02/2022).

Ridwan Zakaria menyampaikan terimakasih dan bangga atas sambutan dari pemerintah Kota Parepare di Kebun Raya Jompie.
Ridwan mengaku kagum akan keindahan kebun raya yang juga sebagai hutan kota tersebut.

“Setelah kami eksplorasi kebun raya Jompie ini luar biasa. Penataannya penuh estetika, pemandangannya indah. Saya kira ini satu-satunya di Sulawesi. Yang saya tahu ada juga di Kendari tapi tidak sehebat yang di Parepare ini,” ucap Ridwan Zakaria.

Menurut Ridwan Zakaria kota Parepare merupakan salah satu kota di Indonesia yang cukup maju dan berkembang.

“Perjalanan kami memang untuk berkunjung di Kota maju termasuk kota Parepare. Ini perlu dicontoh,” ungkap Ridwan Zakaria.

Plt. Kepala Dinas Kominfo Parepare Amarun Agung Hamka menyampaikan permohonan maaf dari Wali Kota Parepare yang berhalangan menerima langsung Bupati Buton Utara itu.

Atas nama pemerintah, Amarun Hamka menyampaikan apresiasi dan bangga karena kota Parepare menjadi tempat kunjungan salah satu kepala daerah dari Sulawesi Tenggara tersebut.

Terkait dengan kebun raya Jompie, Hamka menerangkan bahwa hutan kota tersebut juga ditetapkan sebagai pusat koleksi dan konservasi tumbuhan kawasan pesisir Wallacea dengan menonjolkan keanekaragaman tumbuhan obat, tumbuhan adat dan ethobotani.

“Kebun Raya Jompie ini termasuk salah satu kebun raya di Indonesia yang memiliki kawasan hutan kota alami. Di Indonesia, hanya ada dua kota di Indonesia yang memiliki kawasan hutan kota alami yang luas, yaitu Bogor dan Parepare,” terang mantan Kabag Humas Pemkot Parepare itu. (*)