PAREPARETERKINI.COM PAREPARE – Sekretaris Jendra (Sekjen) Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Bernad Darmawan Sutrisno, melakukan kunjungan kerja ke KPU Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Selasa (17/01/2023).

Kunjungan tersebut dalam rangka konsolidasi penguatan kelembagaan, pengecekan sarana dan prasarana (Sarpras) dan kesiapan logistik di Provinsi Sulsel jelang Pemilu tahun 2024.

“Kami datang dalam rangka kunjungan kerja. Untuk pengecekan dari sisi Sarpras, SDM dan logistik jelang Pemilu,” jelas Bernad, kepada awak media usai melakukan kunjungan di KPU Kota Parepare.

Kata dia, tidak ada pembahasan yang terlalu teknis maupun urgen pada kunjungan kali itu. Sebab, sambung Bernad, segala kemukiman terkait kepemiluan sudah dibahas jauh-jauh hari.

“Kita pastikan saja kesiapan SDM hingga logistik untuk tahapan-tahapan ke depan,” tambahnya.

Khusus untuk KPU Kota Parepare, Bernad mengimbau agar terus meningkatkan kolaborasi dengan pemerintah daerah.

“Sudah menjadi kewajiban yang diatur dalam undang-undang agar pemerintah daerah memberikan dukungan guna pelaksanaan tahapan. Misal membatu gudang. Itu sangat diharapkan,” paparnya.

Ia pun berharap, agar seluruh KPU tingkat provinsi hingga kabupaten dan kota agar terus meningkatkan kinerja guna terlaksananya tahapan kepemiluan.

“Terus tingkatkan kinerja. Tingkatkan kualitas hingga terlaksananya tahapan kepemiluan dengan baik dan benar,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Parepare, Hasruddin Husain menambahkan, pada kunjungan itu pihaknya lebih banyak meminta arahan dan harapan-harapan.

“Kami sampaikan kebutuhan kami. Terutama sarana dan prasarana logistik. Alhamdulillah, dapat respon baik. Katanya, KPU RI siap memfasilitasi pembangunan gudang logistik,” urai Hasruddin.

Selain itu, sambung Hasruddin, KPU Kota Parepare juga meminta tambahan staf kesekretariatan. Jumlahnya, dua orang.

“Kita berharap semoga bisa cepat terealisasikan. Agar kesiapan kita dalam melaksanakan tahapan kepemiluan jauh lebih matang lagi,” harapnya.

Pada kunjungan itu, hadir lengkap anggota KPU Kota Parepare beserta staf kesekretariatan. Hadir pula sejumlah Anggota KPU Provinsi Sulsel mendampingi Sekjen KPU RI.

Sebagai informasi, Sekjen KPU RI Bernad Darmawan Sutrisno sebelum melakukan kunjungan ke KPU Kota Parepare, juga telah berkunjunga di KPU Maros, Pangkep dan Barru. Setelah Parepare, melanjutkan kunjungan ke KPU Pinrang. (terkini)