PAREPARETERKINI.COM, PAREPARE – Pemerintah Kota Parepare menjadikan program penurunan stunting menjadi sebuah program prioritas di tahun 2024 mendatang.

Hal itu diungkapkan Penjabat Wali Kota Parepare, Dr. Akbar Ali saat menghadiri lounching program Dapur Sehat (Dahsat), yang digelar oleh Kantor Perwakilan BKKBN Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui BKKBN Parepare.

Kegiatan yang dilaksanakan di lapangan Indoor kompleks Rumah Jabatan Wali Kota Parepare tersebut, dihadiri langsung oleh Kepala Perwakilan BKKBN Pemprov Sulsel, Shodiqin. Minggu, (3/12/2023).

Dapur Sehat (Dahsat), kata Shodiqin merupakan salah satu program nasional, langkah pemerintah dalam upaya mengatasi masalah stunting.

“Dapur sehat ini sebagai upaya pemerintah untuk mengatasi masalah stunting. Melalui dapur sehat masyarakat dapat mudah mendapatkan gizi yang tercukupi. Semoga program ini bisa berkembang,” ucap Shodiqin.

Shodiqin berharap, pemerintah kota Parepare dan dukungan dari Pj Wali kota dalam upaya menurunkan stunting.

“Karena stunting masih tinggi di Indonesia, ya diangka 21.6 persen. Suslel 27.6. Mudah-mudahan stunting di Parepare terus menurun,” kata dia.

Sementara itu, Pj Wali Kota Parepare Akbar Ali yang pada acara itu dikukuhkan sebagai bapak asuh anak stunting mengatakan, penurunan stunting yang merupakan program nasional, dijadikannya sebagai program prioritas di tahun 2024.

Menurut Akbar Ali angka stunting nasional masih tinggi termasuk di Parepare. Meski di Parepare terdapat penurunan angka namun masih relatif kecil.

“Dengan kondisi itu kita perlu peran bersama untuk menggenjot program penurunan angka stunting ini. Jadi dibutuhkan peran semua pihak. Semua SKPD memiliki peran untuk menurunkan angka stunting. Kita juga akan menggandeng pihak eksternal, seperti ibu bhayangkari dan pihak lainnya. Program ini akan menjadi prioritas disamping inflasi,” terang Akbar Ali.

Dengan peran semua pihak, Akbar Ali meyakini pelaksanaan program nasional tersebut akan dapat lebih cepat sehingga lahir generasi yang berkualitas.

Pada kesempatan itu, Akbar Ali mengapresiasi kesuksesan jajaran Dinas BKKBN Parepare menggelar kegiatan tersebut.

Selain pemilihan kegiatan dapur sehat yang mengajarkan menghasilkan olahan makanan sehat dan bergizi, acara itu juga dirangkaikan dengan pengukuhan pengurus duta Genre serta pemberian bantuan alat bermain untuk balita. (*terkini)