PAREPARETERKINI.COM, MAKASSAR – Penjabat (Pi) Wali Kota Parepare Akbar Ali ikut menyambut kunjungan Presiden Joko Widodo di Kota Makassar, Kamis 22 Februari 2024.

Akbar Ali bersama sejumlah kepala daerah se-Sulsel ikut mendampingi Jokowi di beberapa agenda kunjungan kerja, salah satunya pada peresmian
Makassar New Port.

Dalam kunjungan tersebut, tiga menteri kabinet Indonesia Maju juga terlihat hadir. Menteri BUMN, Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin.

“Tadi ikut mendampingi bapak Presiden Joko Widodo dalam peresmian Makassar New Port,” ungkap Pj Wali Kota Parepare Akbar Ali.

Presiden Joko Widodo menjelaskan Makassar New Port yang dibangun Rp5,4 Triliun ini merupakan pelabuhan tersebar di kawasan Indonesia timur.

Jokowi berharap MNP mampu mengefisienkan lalulintas logistik dari dalam maupun luar negeri.

“Efisiensi penyaluran logistik menjadi salah satu kunci utama untuk ikut bersaing dengan negara lain. MNP ini diharapkan akan mampu mengintegrasikan antara distribusi logistik dan kawasan industri,” ujar Presiden Jokowi.

Makassar New Port merupakan
perluasan dermaga MNP Tahap 1B dan 1C yang memiliki luas 1.280 meter persegi. MNP dibangun PT Pelabuhan Indonesia (Persero) di atas lahan seluas total 52 hektare.

Selain meresmikan Makassar New Port, Presiden Jokowi juga meresmikan ruas jalan tol pelabuhan sepanjang 3,2 M. (*terkini)