Beranda Parepare Pawai Budaya di Parepare Diikuti Ratusan Peserta, Ini Harapan Pj Wali Kota...

Pawai Budaya di Parepare Diikuti Ratusan Peserta, Ini Harapan Pj Wali Kota Akbar Ali

33

PAREPARETERKINI.COM, AREPARE – Pemerintah Kota Parepare menggelar kegiatan pekan budaya dalam rangka peringatan HUT Kota Parepare ke 64.
Kegiatan berlangsung di Lapangan Andi Makkasau Parepare, dan diikuti peserta dari seluruh tingkat sekolah, SD, SMP dan SMA. (24/2/2024).
Penjabat Walikota Parepare, Dr Akbar Ali dalam sambutannya mengatakan, pawai budaya merupakan hal yang biasa dilakukan sejak dulu setiap acara perayaan. Menurut Akbar Ali, pawai budaya perlu dilestarikan sebagai bagian dari rasa cinta terhadap budaya.
Masyarakat Sulawesi Selatan, kata Akbar Ali, didiami suku-suku besar seperti Bugis, Makassar, Mandar, Luwu, dan Toraja yang memiliki adat dan budayanya masing-masing.
“Ada 1300 suku di Indonesia dan beberapa suku besar diantaranya ada di Sulsel. Setiap suku itu pada kegiatan acara perayaan menampilkan tarian budaya khas masing-masing, seperti, ma’llongga, ma’ccengke, ma’ggasing, ma’puntung yang menjadi hiburan rakyat pada jamannya. Kita harus lestarikan budaya kita,” ujarnya.
Akbar Ali pada kesempatan itu menyampaikan agar pelestarian budaya daerah Sulsel dilakukan disetiap momen, khususnya pada kegiatan perayaan HUT Daerah.
“Mudah-mudahan kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh pemerintah Kota pada setiap perayaan HUT Daerah,” harap Akbar.
Sembari mengakhiri sambutannya dan membuka kegiatan pekan budaya,
Akbar Ali juga memberikan motivasi kepada seluruh peserta didik, SD, SMP dan SMA yang hadir menyemarakkan carnaval budaya tersebut.