PAREPARETERKINI.COM, PAREPARE – Ribuan pelajar dari tingkat SMA/SMK, dan SMP se-Kota Parepare turut menyukseskan festival Sulsel Menari.

Kegiatan itu digelar Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, di Lapangan Andi Makkasau Kota Parepare, Rabu 12 Juni 2024.

Tercatat sekitar 1.155 pelajar ikut berpartisipasi dalam ajang tersebut. Sehingga, kegiatan ini juga untuk mencatatkan rekor Muri sebagai peserta ‘Penari Tari Padduppa’ terbanyak se- Sulsel.

Pj Wali Kota Parepare Akbar Ali hadir pada kegiatan itu. Dia menemui para penari dari kalangan pelajar tersebut.

Dalam kesempatan itu, Akbar Ali mengapresiasi suksesnya pelaksanaan kegiatan Sulsel menari ini, khususnya di Kota Parepare.

Menurutnya, kegiatan ini terlaksana berkat kerja sama antara Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Sulsel.

“Kami di Kota Parepare melibatkan penari sekitar 1.155. Saya sebagai Penjabat Wali Kota merasa bangga, terharu bahwa salah satu tradisi budaya kita dalam hal ini tari padduppa yang merupakan salah satu tarian lokal yang bahkan diciptakan oleh masyarakat Sulsel khususnya Kota Parepare yaitu Andi Nurhani Sapada,” terangnya.

Akbar Ali menjelaskan, hal ini merupakan kebanggan tersendiri di mana sebuah tradisi lokal dilestarikan kembali, dan menjadi bagian dari kegiatan Pemerintah Provinsi Sulsel dalam memecahkan rekor muri.

“Kami berharap kegiatan-kegiatan yang diprogramkan Pemerintah Provinsi ini, nanti kita akan lakukukan juga di Kota Parepare setiap ada kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah, kelompok organisasi, atau kegiatan apapun, akan dimulai dengan Tari Padduppa,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, kegiatan Sulsel Menari di Kota Parepare sangat antusias dilakukan oleh para pelajar dengan menggunakan Baju Bodo Khas Sulsel secara seragam dan serentak. (*terkini)