PAREPARETERKINI.COM, PAREPARE – PT Kalla Toyota Cabang Parepare menjadi tuan rumah program Skill Based Internal Contest Area Selection pada Jumat, 21 Juni 2024. Program ini merupakan ajang tahunan untuk meningkatkan kemampuan internal PT. Kalla Toyota di wilayah Ajatappareng dan Sulawesi Barat (Sulbar), yang dipusatkan di Kota Parepare.

Kontes ini bertujuan untuk mendapatkan kontestan terbaik yang akan berkompetisi di regional Kalla Toyota. Pemenang di tingkat regional nantinya akan berpartisipasi dalam kompetisi Nasional Toyota di Jakarta. Skill Based Internal Contest Area Selection ini mencakup empat kategori, yaitu Foreman, Partsman, Servis Advisor, dan GR Technician.

Sejumlah karyawan yang berhasil memenuhi kriteria perusahaan berhak mendapatkan penghargaan dari manajemen PT. Kalla Toyota.

Branch Manager Kalla Toyota Parepare, Taqyuddin Djabbar, menjelaskan bahwa ajang tersebut berbeda dengan pertandingan atau perlombaan. Menurutnya, kontes ini lebih spesifik tentang kemampuan diri dan standar yang dibutuhkan oleh perusahaan. “Kontes itu tidak berdasarkan dewan juri. Dewan juri tidak memberikan penilaian terhadap kontestan, tetapi menempatkan objektivitas seorang kontestan pada dirinya,” jelas Taqyuddin.

Ia menambahkan bahwa kontes lebih menekankan pada menjaga standar kualitas. “Ini adalah upaya untuk mengasah kapasitas diri dalam memenuhi standar yang telah ditetapkan berdasarkan kebutuhan, atau bahkan menjadi tolok ukur sejauh mana kita mampu mencapai standar tersebut atau bahkan melampauinya,” paparnya.

Taqyuddin juga memberikan apresiasi tambahan kepada para karyawan yang telah mengikuti kontes. “Para kontestan ini merupakan standar dari perusahaan yang terdepan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Saya secara pribadi sangat menghargai dan menganggap kontes ini sakral, karena merupakan bagian dari kualitas layanan bisnis kita. Ini adalah standar. Jika kita tidak menjaganya, maka mata rantai bisnis kita bisa terputus,” tegasnya.

Dalam sambutannya, Taqyuddin juga menyoroti pentingnya terus berpikir positif dan mengembangkan kemampuan diri. “Kita harus terus berpikir positif. Jangan selalu berpikir akan kalah, tapi terus tanamkan dalam pikiran untuk terus berkembang dengan meningkatkan kemampuan diri,” ungkapnya.

Sebagai Ketua IKA Unhas Parepare, Taqyuddin berharap output dari kontes dapat menjadi pemicu untuk terus meningkatkan kualitas. Ia juga berpesan kepada para kontestan untuk terus mengasah diri. “Terus tingkatkan kualitas. Seperti yang saya katakan tadi, kontes adalah upaya diri kita untuk memenuhi standar yang telah ditetapkan atau bahkan melampauinya,” tutup Bacalon Wali Kota Parepare ini. (*terkini)