PAREPARETERKINI.COM, PAREPARE – Ketua DPD Partai Golkar Sulawesi Selatan sekaligus anggota DPR RI terpilih, Taufan Pawe (TP), didampingi istrinya yang juga Ketua Golkar Parepare, Erna Rasyid Taufan (ERAT), tampak santai ngopi bareng dengan Ketua Partai Demokrat Parepare, Rahmat Sjamsu Alam (RSA), di Gazzas Cafe & Resto.

Pertemuan yang berlangsung pada Selasa (97/2024), ini menarik perhatian banyak pihak.

TP, ERAT, dan RSA duduk berdampingan di satu meja, menunjukkan keakraban yang mencuri perhatian. Beberapa pengurus Partai Golkar turut serta dalam pertemuan ini, yang dipenuhi dengan suasana hangat dan santai.

Taufan Pawe terlihat menikmati momen tersebut dengan ekspresi yang sangat rileks.

ERAT saat ini diketahui sebagai bakal calon Wali Kota Parepare dari Partai Golkar, sementara RSA sudah mendapat dukungan dari Partai Demokrat dengan surat tugas dari DPP untuk bertarung di Pilkada Parepare.

Keduanya disebut-sebut berpeluang besar untuk berpasangan dalam kontestasi politik tersebut.

Ketika ERAT hendak naik ke mobil, RSA turut mendampingi, diiringi oleh sorakan kompak warga yang meneriakkan “ERAT-Bersalam”.

Hal ini memicu spekulasi apakah pertemuan tersebut menjadi sinyal kuat bahwa ERAT dan RSA akan berpasangan di Pilkada Parepare.

Di sela-sela pertemuan, Taufan Pawe menjelaskan bahwa pertemuan ini kebetulan dihadiri oleh Rahmat Sjamsu Alam.

“Ngopi-ngopi santai dan bareng. Kebetulan acara ngopi ini, bareng dengan Rahmat Sjamsu Alam, pak Ato. Sehingga bisa saja foto-fotonya beredar, dan orang punya penafsiran-penafsiran,” kata TP.

TP menegaskan bahwa dalam dua periode kepemimpinannya sebagai Wali Kota Parepare, Partai Demokrat selalu menjadi partai pengusung.

“Partai Demokrat kita bersama-sama dengan melihat realitas politik untuk Kota Parepare, Golkar berkolaborasi dengan Demokrat. Itu dari segi partai,” ujarnya.

Dari segi kefiguran, TP menambahkan bahwa Erna Rasyid Taufan sebagai Ketua Golkar Parepare dan istri mantan Wali Kota Parepare memiliki nilai historis.

“Kalau kita lihat Erat dengan nilai historisnya sebagai istri mantan wali kota. Nah, pak Rahmat, pak Ato ini juga punya nilai historis sebagai anak mantan wali kota. Alangkah indahnya, kalau ini bisa dipertemukan,” ungkap TP.

TP juga menyebutkan bahwa Golkar dan Demokrat merupakan bagian dari Koalisi Indonesia Maju, sehingga tidak akan ada hambatan berarti untuk berkoalisi di tingkat daerah.

“Saya berkeyakinan bahwa Golkar dan Demokrat adalah partai Koalisi Indonesia Maju, sehingga tidak mengalami hambatan yang berarti,” jelasnya.

Ketua DPC Partai Demokrat, Rahmat Sjamsu Alam (RSA), menekankan pentingnya membangun komunikasi menjelang Pilkada Parepare.

“Jelang pilkada ini, penting membangun komunikasi, membangun chemistry, apakah cocok,” katanya.

RSA juga tidak menampik bahwa Koalisi Indonesia Maju berpeluang untuk berlanjut di daerah-daerah.

“Apalagi di pusat itu, memang ada keinginan Koalisi Indonesia Maju itu, bisa bersinergi dari pusat, provinsi dan kabupaten/kota. Dan, kami lagi pendekatan ini,” tambahnya.

RSA menyampaikan bahwa proses ini bisa berjalan dengan baik dengan pertimbangan visi yang sama dalam membangun Parepare.

“Kalau ini terjalin, kami (Demokrat) punya anggota DPR RI dari putra Parepare,” tutupnya. (*terkini)