PAREPARETERKINI.COM, PAREPARE – Penjabat Wali Kota Parepare, Akbar Ali kembali menyempatkan mengunjungi Masjid Raya Parepare.

Tidak sekadar mengunjungi, Akbar Ali juga melihat dari dekat kondisi Masjid Raya yang sudah ditetapkan menjadi cagar budaya.

Akbar Ali akan menjadikan atensi Masjid Raya terutama setelah melihat kondisi di lantai dua dan lantai tiga masjid bersejarah tersebut.

Wakil Wali Kota Parepare, M Rahmat Sjamsu Alam (RSA) yang turut mendampingi Akbar Ali dalam kunjungan itu, meyakinkan bahwa atensi itu diwujudkan dalam bantuan rehabilitasi dari Pemkot Parepare untuk Masjid Raya.

“Penjabat Wali Kota Parepare mengunjungi Mesjid Raya sebagai salah satu bangunan Cagar Budaya Kota Parepare. Dan Alhamdulillah, Masjid Raya mendapat bantuan rehabilitasi Rp100 juta. Semoga menjadi berkah di Hari Asyura 10 Muharram 1446 H,” kata Rahmat Sjamsu Alam yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Parepare. (17/7/2024).

RSA mengungkapkan, setiap tahun Pemkot Parepare memberikan bantuan hibah untuk rumah ibadah seperti masjid dan gereja. Kurang lebih 10 masjid per tahun yang dibantu melalui hibah keagamaan, asal masjid bersangkutan mengajukan proposal.

Dalam kunjungan ke Masjid Raya, juga tampak beberapa pejabat Pemkot mendampingi Pj Wali Kota Akbar Ali. Di antaranya Asisten I Dede Harirustaman, Kabag Kesra Muh Islah, Camat Ujung Muh Yusuf Azis, Camat Soreang Awaluddin, hingga Lurah Ujung Sabbang Hasanuddin Azis.

Juga tampak para pengurus Masjid Raya, di antaranya Ketua H Abd Latif Hafid, Sekretaris Rahman Dj, H Ibrahim Mukti, pengurus dan jemaah lainnya.

Sekretaris Pengurus Masjid Raya, Rahman Dj membenarkan Pj Wali Kota melihat langsung kondisi Masjid Raya, dan siap memberi atensi melalui kegiatan yang didanai pemerintah yakni pelestarian cagar budaya di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Parepare.

“Pak Pj Wali Kota juga naik ke lantai dua dan tiga Masjid Raya melihat langsung konstruksinya. Dan rencana pengurus membuat museum di lantai dua dan tiga direspos positif oleh Pak Pj,” ungkap Rahman.

Bahkan, kata Rahman, setelah disampaikan bahwa banyak peninggalan Gurutta AG KH Abduh Pabbajah yang mau dilestarikan, Pj Wali Kota langsung menyuruh untuk menghitung biaya perbaikan lantai dua dan tiga.

“Karena kalau peninggalan Gurutta Pabbajah dibiarkan terbengkalai begitu saja, akan rusak dan hilang, makanya penting untuk diselamatkan, dijaga dan dilestarikan. Karena itu, Pak Pj Wali Kota sangat mendukung kalau lantai dua dan tiga Masjid Raya dijadikan Museum Gurutta Pabbajah,” tandas Rahman. (*terkini)