PAREPARETERKINI.COM, PAREPARE – Tasming Hamid (TSM) menghadiri otomotif fest 2024 di pelataran gedung Islamic Centre yang di selenggarakan komunitas King Peace Indonesia chapter Parepare sebagai bentuk dukungan dan bukti komitmen yang pernah dipaparkan saat acara Kopdargab bersama 4 komunitas mobil pada tanggal 22 juni 2024 lalu.

Event festival otomotif 2024 ini di ikuti beberapa peserta dari luar daerah Bulukumba, Bone, Makassar, Pinrang dan Majene (Sulbar) yang memperlombakan 16 kategori motor dan 84 untuk kategori mobil.

Tasming dalam kesempatan itu sampaikan jika kreatifitas atau hal positif seperti ini harus di kembangkan karena menjadi salah satu aspek atau variabel berkembangnya sebuah kota. “Kreatifitas positif anak-anak muda harus disupport, seperti event-event ini. Sebab, ini juga akan membantu menumbuhkan ekonomi kreatif maupun UMKM kita,” Ujarnya.

Tasming juga mengurai, untuk menghidupkan sektor ini ke level lebih besar, perlu dipikirkan sarana pendukungnya, diantaranya, tempat pelaksanaan yang lebih representatif, hotel yang memadai, serta dukungan penuh pemerintah dan masyarakat. Tasming juga berbagi pengalaman saat dirinya melaksanakan kejuaraan balap motor (road rice), tamu dari Jakarta dan kota-kota besar mencari tempat-tempat yang berkelas.
“Ada sektor yang harus dibenahi, yaitu sektor perhotelan karena sangat mustahil kita mengadakan event atau kejuaraan bertaraf nasional. Saat ini diakui di Parepare belum ada hotel yang memadai,” bebernya.

Kesempatan sama, peserta yang terlibat dalam pembicaraan itu mengemukakan bahwa anak-anak komunitas mobil di Parepare sering juga mengikuti kejuaraan serupa baik skala Sulsel maupun skala nasional seperti di Jogja.

Pihak penyelenggara menyampaikan kepada TSM bahwa kontes mobil dan motor ini pertama kali di selenggarakan di Parepare sedangkan untuk kontes mobil terakhir diselenggarakan di Parepare pada tahun 2022 dan mereka sangat berharap ada tempat atau wadah khusus untuk pelaksanaan road race, drag race, kopdar, sekaligus bisa untuk kegiatan lainnya seperti pameran atau konser musik tanpa mengganggu atau membuat macet arus lalu lintas, dan kedepannya event serupa bisa menjadi kalender tahunan. (*terkini)