PAREPARETERKINI.COM, PAREPARE – Semarak peringatan hari ulang tahun ke-79 kemerdekaan Republik Indonesia di Kota Parepare diwarnai dengan lomba gerak jalan antar pelajar SD, SMP dan SMA sederajat se-Parepare.

Diawali dengan gerak jalan pelajar SD yang dilepas resmi Penjabat Wali Kota Parepare, Akbar Ali di depan tribun utama Lapangan Andi Makkasau, Parepare, Selasa pagi (6/8/2024).

Peserta gerak jalan SD berjumlah total 101 barisan, namun mengantisipasi beludakan dan panjangnya durasi waktu, peserta dibagi dua. Yakni 51 barisan pada hari pertama Selasa (6/8/2024), dan 50 barisan hari kedua Rabu (7/8/2024).

Pj Wali Kota Akbar Ali saat melepas peserta gerak jalan menyatakan kebanggaan, karena momentum peringatan HUT kemerdekaan memiliki arti dan makna yang sangat mendalam.

Di mana perjuangan yang telah dikobarkan oleh pendahulu sebelumnya, yang mengantarkan kemerdekaan bangsa Indonesia patut disyukuri dan direnungkan kembali.

“Kegiatan gerak jalan dan lomba HUT RI ini sebagai wujud kesyukuran kita kepada Yang Maha Kuasa atas Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 tahun ini. Semoga dapat memberi makna tersendiri sesuai dengan tema HUT ke-79 RI tahun 2024 yaitu Nusantara Baru Indonesia Maju,” kata Akbar Ali.

Tema itu dipilih sebab HUT RI ke-79 ini bertepatan dengan tiga momen penting. Momen itu adalah menyongsong ibu kota negara baru, pergantian presiden, serta menuju Indonesia Emas 2045.

“Ketiga momen ini merupakan masa transisi besar di Indonesia. Sehingga HUT ke-79 RI menjadi batu loncatan besar bagi Indonesia,” tegas Akbar Ali.

Akbar Ali mengemukakan, kegiatan lomba gerak jalan antar pelajar dan lomba lainnya bertujuan sebagai wadah silahturahmi untuk mempererat persaudaraan, dan rangkaian dalam memeriahkan HUT kemerdekaan.

“Mudah-mudahan keikutsertaan dalam lomba gerak jalan dan lomba lainnya seperti tarik tambang, balap kelereng dan balap karung, bisa menambah semaraknya peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Parepare,” harap Akbar Ali.

Para peserta gerak jalan start di Lapangan Andi Makkasau, kemudian melalui rute beberapa ruas jalan utama di antaranya, Jalan Bau Massepe, Jalan Andi Isa, Jalan Sultan Hasanuddin, Kawasan Hastom, Jalan Lasinrang, Jalan Andi Mappatola, Jalan Sulolipu, Jalan Veteran, Jalan Usman Isa, Jalan Bau Massepe, dan kembali finish di Lapangan Andi Makkasau. (*terkini)