PAREPARETERKINI.COM — Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sulawesi Selatan kembali melakukan pembenahan jalan rusak di Poros Pekkae-Soppeng, tepatnya di Dusun Aroppoe, Desa Tellumpanua, Kecamatan Tanete Rilau, Dusun Ele, Desa Lompo Tengah, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Sabtu, 8 Januari.

Kepala UPTD Wilayah III Pare-pare St. Hasni yang didampingi Kasi Penanganan Jalan dan Jembatan, Muh. Ridha, saat meninjau langsung pembenahan jalan berlubang mengatakan bahwa, gerak cepat Dinas PUTR provinsi Sulsel langsung turun tangan dilokasi titik kerusakan jalan di Barru yakni poros Pekkae-Soppeng dengan menggunakan alat berat grader.

“Insyaallah, tahun ini sudah masuk program pembangunan tahun anggaran 2022. Saat ini sifatnya hanya perbaikan sementara saja supaya masyarakat yakin dan juga nyaman dalam mengendarai”, ungkapnya.

Ia menambahkan, pengerjaan jalan sementara tersebut di mulai dari proses perataan jalan yang terlalu berlubang.

“Dalam kesempatan ini, kami atas nama Pemerintah menyampaikan permintaan maaf kepada semua pengguna jalan atas ke tidak nyamanan ini”, ungkapnya.

Diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemrov) Sulawesi Selatan (Sulsel) telah mempersiapkan anggaran sebesar Rp. 41, 9 Miliar dari APBD.

Anggaran tersebut untuk penanganan ruas jalan poros Pekkae-Soppeng menuntaskan segmen jalan yang rusak berupa pengaspalan dan pelebaran jalan dalam kondisi rusak berat. Dan tahun 2022 ini akan segera dikerjakan.

Terpisah Bupati Barru Suardi Saleh mengaku, mesti jalan tersebut merupakan kewenangan pihak provinsi namun Pemkab juga berhak memperbaiki karena berada di wilayah Kabupaten Barru. “Pemkab Barru berupaya memperbaiki jalan tersebut bahkan terus menjalin komunikasi dengan pihak pemprov agar jalan ini segera diperbaiki,”ujarnya.

Suardi menambahkan, bahwa tahun ini Gubernur Sulsel akan mengucurkan anggaran sebesar Rp 4,9 untuk perbaikan. Jadi tahun ini menjadi prioritas perbaikan,”ujarnya. (*)