Ular piton yang diamankan petugas Damkar Kota Parepare.

PAREPARETERKINI.COM — Ular Piton dengan Panjang 6 meter hebohkan warga sekitar Pasar Senggol, Kelurahan Ujung Sabbang, Kecamatan Ujung, Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa (8/3/2022) dini hari.

Pedagang yang berada di Pasar Senggol pun panik, dan segera menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Parepare untuk segera melakukan evakuasi.

Tim evakuasi petugas Damkar yang tiba di lokasi segera bertindak. Proses evakuasi berjalan dramatis, karena ukuran Ular Piton yang terbilang cukup besar dan panjang ini sempat menyulitkan tim evakuasi, selain kuat dan berat, ular ini juga melakukan perlawanan.

Kepala Seksi (Kasi) Penyelamatan dan Evakuasi Korban Damkar Parepare, Wahidin Syanur mengatakan, usai petugas mengamankan Ular Piton di Mako Damkar, Jalan Ganggawa. Pihaknya menghubungi pihak terkait guna melepas kembali ular tersebut di habitatnya yang jauh dari pemukiman.

“Ular Piton ini sempat membuat panik warga, karena ukurannya sepanjang 6 meter. Terkait ular ini kami akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melepas liarkan Ular Piton yang baru saja dievakuasi oleh Tim Penyelamatan Damkar Parepare,” ujarnya.

Sementara kemunculan ular besar ini diduga hanyut lantaran guyuran hujan yang deras selama dua hari terakhir ini. Luapan air terjadi dimana-nama bersamaan dengan naiknya air permukaan laut.

“Ular piton ini diduga hanyut terbawa arus dari Pulau Kamerrang, Kabupaten Pinrang yang jaraknya kurang lebih 1 Kilometer dari perairan Parepare, hingga tersangkut di tanggul Pasar Senggol,” sebutnya.

Selain itu, Wahidin Syanur menambahkan, untuk segera menghubungi petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, apabila ada hewan liar yang dapat membahayakan masyarakat sekitar. Dengan menghubungi Pelayanan Peduli Masyarakat, atau dengan sebutan “SILP4”.

“SILP4 sendiri merupakan pelayanan, Sistem Informasi Layanan Peduli Pengaduan, Penanggulangan dan Penyelamatan, “pungkasnya.

Pelayanan SILP4, dapat dihubungi melalui media WhatsApp di Nomor 08114121754, atau juga dapat dihubungi melalui Facebook, Twitter, dan Instagram. (*)