Vaksinasi di pusat kuliner Cempae, Kota Parepare.

PAREPARETERKINI.COM — Vaksinasi nyaman dan dan asyik di lokasi pusat kuliner depan anjungan Cempae Kota Parepare, Sabtu (13/3/22). Selain tempatnya yang nyaman, warga yang datang vaksin juga mendapat minyak goreng dan beras.

Vaksinasi 1,2 dan 3 di Pusat Kuliner Cempae Kelurahan Watang Soreang Kecamatan Soreang, membagikan minyak goreng gemasan 1 liter dan beras kemasan 5 kg.

Kegiatan vaksinasi ini selain untuk meningkatkan capaian sasaran, Pemerintah Kota Parepare yang bekerja sama dengan Polres Parepare.

Kepala Puskesmas Cempae, Suci Primawati Rusman mengatakan, vaksinasi 1,2, dan 3 ini dilaksanakan di Pusat Kuliner Cempae. Meski, kata Suci di Kecamatan Soreang, namun sasaran vaksinasi bagi masyarakat kota Parepare dengan sasaran 500 orang.

“Disediakan beras bagi peserta vaksin 1 dan 2. Sementara yang vaksin 3 itu diberikan minyak goreng,” ujar Suci.

Sementara, Lurah Watang Soreang Hikmayani Sulaeman, mengatakan, hari ini Pemkot Parepare bekerja sama dengan Polres Parepare melaksanakan vaksinasi kawasan dengan tema vaksinasi bersama, sehat bersama dengan sasaran 500 orang.

“Vaksinasi ini didukung adanya alat stimulasi, motivasi agar warga ingin divaksin. Warga yang divaksin 1 dan 2 mendapatkan beras lima kilogram, sedangkan vaksin 3 mendapat minyak goreng kemasan satu liter.

Selain itu, Hikmayani mengatakan, dilaksanakannya vaksinasi kawasan ini di Pusat Kuliner Cempae yang tepat berada di Anjungan Cempae, tidak lain yaitu untuk memperkenalkan wilayah yang menjadi ikon baru Kota Parepare.

“Tempatnya juga cukup proposional, karena tidak perlu sarana lain untuk pendukung lokasinya karena sudah sejuk. Makanya vaksinasi ini dilaksanakan pagi hari,” ucapnya.

Meski antusias masyarakat tinggi, petugas TNI-Polri terus mengimbau terus mengimbau kepada peserta vaksinasi agar tidak berkerumun saat melakukan pendaftaran hingga tahap akhir.

“Walaupun banyak peserta vaksin, tetap diarahkan menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak mulai pendaftaran hingga tahap akhir pada saat penerimaan beras atau minyak goreng,” kata Hikmayani.

Kapolres Parepare AKBP Andiko Wicaksono mengatakan, vaksinasi ini sebelumnya Pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah kota, Kodim.

“Juga RS, Puskesmas, RS Sumantri untuk tenaga kesehatannya dipersiapkan untuk mendukung kegiatan ini,” ujarnya

Tujuan vaksinasi ini, kata Kapolres Parepare untuk memenuhi target dari pemerintah, capaian vaksinasi akhir bulan ini sudah harus mencapai 100 persen untuk dosis 1 dan 2.

“Di Kota Parepare capaian vaksinasi sudah mencapai 93 persen dosis 1, sementara dosis 2 sudah mencapai 73 persen,” katanya.

Kegiatan vaksinasi turut dipantau Wakil Sekretaris III Satgas Penanganan Covid-19 Kota Parepare Eko W Ariyadi, Camat Soreang Dede Harirustaman, Anggota DPRD Dapil Soreang Namri Nasir, Kasubag Dal OPS AKP Burhanuddin, Kapolsek setempat, Danramil, maupun, para Lurah Soreang, serta Ketua RW dan RT setempat. (*)