PAREPARETERKINI.COM,  SIDRAP – Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Sidrap melanjutkan pemantauan ketersediaan dan harga kebutuhan pokok di pasar Amparita, Kecamatan Tellu Limpoe, Selasa (18/4/2023).

Hadir pada pemantauan, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Kadisdagrin), Ahmad Dollah, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan, Ibrahim, Kabag Perekonomian dan SDA, Arnold Baramuli dan Sekretaris Satpol PP dan Damkar, Hj. A. Gustianti.

Tampak pula perwakilan Polres Sidrap, Bulog, Bhabinkamtibmas Tellu Limpoe dan sejumlah jajaran staf Disperindag dan Bagian Perekonomian.

Kadis Perindustrian dan Perdagangan, Ahmad Dollah mengatakan, hal ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan dan harga kebutuhan pokok jelang Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah agar tetap aman dan terkendali.

“Kita ingin memastikan ketersediaan bahan pokok di pasar aman, selain itu juga ingin memastikan harga barang jelang lebaran tetap stabil, jangan sampai karena mau lebaran harga ini dinaikkan, ini yang tidak kita harapkan, olehnya itu tim turun untuk melakukan pemantauan,” kata Ahmad Dollah.

Ahmad Dollah menyebutkan, dari hasil pemantauan/monitoring harga dan ketersediaan kebutuhan pokok saat ini masih terkendali dan aman.

Meski demikian, kata Ahmad Dollah, ada beberapa kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan. Namun kenaikan di beberapa bahan pokok masih dalam batas wajar, hal itu dikarenakan menjelang hari raya.

Kenaikan itu terjadi pada bahan pokok sepert lombok besar dengan harga Rp.25 ribu dari harga Rp.22 ribu dan ayam potong dari Rp.25 ribu naik Rp.27 ribu.

“Alhamdulillah untuk harga kebutuhan pokok masih terkendali, artinya kalau ada kenaikan dia masih pada posisi normal” bebernya.

Selain harga, ketersediaan kebutuhan pokok juga dipastikan aman hingga lebaran Idulfitri.

“Dari pemantauan kami di pasar yang menjadi sampel ini (Pasar Amparita) kebutuhan pokok sampai Idulfitri Insya Allah aman,” tandasnya. (*)