PAREPARETERKINI.COM , PAREPARE – Dalam rangka kesiapsiagaan kesehatan kawal Pemilu 2024, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare, mengerahkan sebannyak 140 tenaga kesehatan (nakes) ke 395 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar pada 22 kelurahan di empat kecamatan yang ada di Parepare.

Hal itu diungkapkan Direktur RSUD Andi Makkasau, Renny Anggraeny Sari. Rabu, (14/2/2024).

Dia mengatakan, pengerahan nakes ke seluruh TPS di hari pemilihan Pemilu untuk mengantisipasi petugas penyelenggara Pemilu membutuhkan layanan kesehatan.

“Jadi ini bagian upaya kita mengawal Pemilu, khususnya pada sektor kesehatan petugas penyelenggara. Sehingga dalam menjalankan tugasnya bisa tetap dalam kondisi kesehatan stabil,” kata dia.

Ratusan tenaga kesehatan, kta Renny yang secara simbolis dilepas di halaman RSUD Andi Makkasau akan siaga.

Mereka tidak sebatas memantau petugas penyelenggara, tapi juga masyarakat wajib pilih, yang menunjukkan animo besar dalam menyalurkan hak suaranya di TPS.

Renny menambahkan, nakes yang ditempatkan diseluruh TPS akan saling berkooridinasi jika ada hal yang dibutuhkan.

Contoh, kata dia, jika harus ada yang dirujuk segera mereka akan berkorelasi dengan call centre untuk mendapat perawatan, baik di rumah sakit maupun fasilitas layanan kesehatan lainnya.

Selain siaga lapangan, lanjut Renny, pihaknya juga tetap mengsiagakan pelayanan di RSUD Andi Makkasau, sehingga pelayanan berjalan berkesinambungan.

“Kita berharap Pemilu berjalan lancar dan petugas penyelenggara Pemilu tetap dalam kondisi sehat. Karena sejauh ini, pada moment penyelenggaraan pemilu di Parepare, terkait layanan kesehatan semua bisa terkondisikan,” ungkapnya. (terkini**)