PAREPARETERKINI.COM, PAREPARE – Calon Wali Kota Parepare, Taqyuddin Djabbar (TQ), menggelar Temu Usaha Mikro Kecil (UMK) yang bertujuan mendukung dan memperkuat pelaku UMK di 22 kelurahan di empat kecamatan di Parepare.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Wakil Ketua Dewan Pembina Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Sulawesi Selatan, itu bertujuan untuk mengembalikan dan membangkitkan semangat para pelaku UMK, yang merupakan tulang punggung ekonomi kota.

TQ menekankan bahwa meskipun Parepare tidak memiliki sumber daya alam yang luas seperti daerah lain, posisinya yang strategis di Selat Makassar, sebagai penghubung utama transportasi dan perdagangan laut antara Jawa, Makassar, Kalimantan Timur, dan Kepulauan Maluku, memberikan keunggulan kompetitif yang harus dimanfaatkan.

“Parepare harus menjadi lebih dari sekedar kota transit. Kami ingin mengubahnya menjadi destinasi yang menarik sehingga orang-orang ingin menghabiskan lebih banyak waktu di sini,” ungkap TQ.

Menurut TQ, yang juga merupakan Ketua Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (IKA Unhas) Parepare, sektor UMK harus menjadi fokus utama karena melibatkan lebih dari setengah penduduk kota.

“52% masyarakat Parepare merupakan pelaku UMK. Melalui Temu UMK ini, kami berharap dapat membangkitkan kembali semangat kewirausahaan dan secara sinergis mendukung program pemerintah untuk memajukan ekonomi lokal,” jelasnya.

Salah satu strategi yang disarankan oleh TQ untuk memperkuat UMK adalah dengan meningkatkan investasi. “Peningkatan jumlah uang yang beredar akan meningkatkan daya beli masyarakat, yang pada gilirannya akan meningkatkan performa UMK,” ujar TQ.

Jamal, salah satu peserta Temu UMK, mengatakan bahwa kegiatan tersebut memberinya pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya manajemen yang baik dalam mengembangkan usaha.

“Sesi interaktif ini sangat berguna. Kami mendapat banyak ilmu tentang cara mengembangkan usaha dari kecil menjadi besar. Semoga kegiatan seperti ini bisa terus ada agar semangat UMK di Parepare semakin kuat,” pungkasnya. (*terkini)