PAREPARETERKINI.COM, PAREPARE – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Parepare, Rustan Asta, mengungkapkan rasa bangganya atas keberhasilan salah satu putra terbaik Kota Parepare yang berhasil lolos sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat nasional.

Pemuda tersebut akan bertugas mengibarkan Bendera Merah Putih pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Negara (IKN) Penajam Paser Utara, pada 17 Agustus 2024.

“Alhamdulillah, tahun ini perwakilan Kota Parepare berhasil lolos menjadi Paskibraka tingkat nasional, di mana ini merupakan pencapaian yang sangat berarti setelah 8 tahun Kota Parepare tidak memiliki perwakilan di ajang nasional. Ini juga menjadi sebuah kebanggaan di era kepemimpinan Penjabat Wali Kota Parepare, Akbar Ali,” ujar Rustan Asta. (17/8/2024).

Rustan menambahkan, keberhasilan ini menjadi istimewa karena terakhir kali Kota Parepare memiliki perwakilan di tingkat nasional adalah pada tahun 2016.

Selama delapan tahun, Parepare tidak mengirimkan wakilnya hingga tahun ini, saat seorang putra Parepare berhasil kembali menorehkan prestasi di kancah nasional.

“Terkahir kami kirim perwakilan itu tahun 2016, dan baru tahun ini kami kembali kirim. Jadi, bisa dikatakan ada jeda selama 8 tahun,” ungkap Rustan.

Selain keberhasilan di tingkat nasional, Kota Parepare juga berhasil mengirimkan tiga perwakilan sebagai Paskibraka di tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Ketiga pemuda ini akan bertugas pada upacara puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia di tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

“Kami juga bangga karena ada tiga perwakilan kita di Sulsel yang akan bertugas di Pemprov pada Puncak HUT RI nantinya,” paparnya.

Rustan menegaskan, sebagai bentuk apresiasi, seluruh peserta yang lolos baik di tingkat nasional maupun provinsi akan dipanggil dan dipertemukan dengan Penjabat Wali Kota Parepare setelah mereka selesai bertugas. Pertemuan ini diharapkan dapat menjadi momen penting bagi para peserta Paskibraka untuk mendapatkan penghargaan dari pemerintah kota.

“Nanti Bapak Penjabat yang akan menentukan apresiasi apa yang akan diberikan kepada mereka nantinya,” tegas Rustan.

Keberhasilan ini diharapkan menjadi motivasi bagi generasi muda Kota Parepare untuk terus mengukir prestasi dan mengharumkan nama daerah di berbagai ajang bergengsi. (*terkini)