PAREPARETERKINI.COM,  PAREPARE – Bakal Calon (Balon) Wali Kota Parepare, Ir. Muhammad Zaini (MZ), secara resmi mengumumkan pasangannya untuk kontestasi Pilwalkot Parepare 2024.

MZ akan berpasangan dengan Prof. Dr. H. Baktiar Tijjang, SE., MM. (Bakti). Pengumuman tersebut disampaikan dalam konferensi pers di posko pemenangan MZ di Jalan Pinggir Laut, Senggol, Kota Parepare, pada Sabtu malam (17/8/2024).

Dalam kesempatan itu, MZ mengungkapkan alasannya memilih Baktiar sebagai pasangan.

Menurutnya, Baktiar memiliki visi yang sejalan untuk memajukan Kota Parepare dalam lima tahun ke depan.

“Saya sudah memikirkan ini dengan matang bersama tim MZ Teman’Ta, dan pilihan kami jatuh pada Bapak Prof. Baktiar Tijjang. Semua ini sudah diatur oleh Allah, dan kami hanya menjalankan amanah yang diberikan oleh masyarakat Parepare,” ujarnya.

Koalisi Partai Gerindra dan PKB menjadi kekuatan politik yang mengusung pasangan MZ dan Bakti, yang kini dikenal dengan sebutan MZ BerBakti. Mereka siap bertarung dalam Pilwalkot Parepare yang akan digelar pada 27 September 2024.

Di sisi lain, Baktiar Tijjang, dalam pernyataannya, menyebut bahwa pada awalnya ia tidak berniat terjun ke dunia politik.

Namun, pesan dari almarhum Achmad Faisal Andi Sapada (FAS) atau yang akrab disapa Songko celkaE, yang juga merupakan sahabat dekatnya, memotivasinya untuk melanjutkan cita-cita almarhum dalam membangun Parepare.

“Jika Puang Ical (FAS) masih hidup, saya tidak akan maju ke politik, apalagi menjadi calon wakil. Namun, karena beliau sudah tiada, dan demi melanjutkan cita-citanya, saya siap maju bersama Bapak Muhammad Zaini di Pilwalkot ini,” tegas Baktiar.

Baktiar juga menambahkan bahwa MZ memiliki kesamaan sikap dan visi dengan almarhum Puang Ical dalam hal membangun Parepare yang lebih baik.

“Kecocokan ini yang membuat saya yakin untuk maju bersama Pak MZ,” tambahnya.

Ketua DPC PKB Parepare, Andi Fudail, menyatakan bahwa partainya akan memberikan rekomendasi penuh kepada pasangan MZ-Bakti setelah resmi diumumkan.

“Alhamdulillah, Pak MZ sudah ada pasangannya. PKB akan menyerahkan rekomendasinya besok (Ahad, 18/8/2024) di Jakarta pukul 13:00 WIB,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPC Gerindra Parepare, H. Surianto, menjelaskan bahwa partainya telah lebih dulu menyerahkan rekomendasi kepada MZ sebagai calon Wali Kota.

“Kami tidak ada masalah dengan rekomendasi pasangan, karena Gerindra sudah menyerahkan rekomendasinya kepada Pak MZ sebelumnya. Kini tinggal dikomunikasikan di tingkat DPW Gerindra,” tuturnya.

Acara konferensi pers ini turut dihadiri oleh beberapa tokoh penting, di antaranya Kamaluddin Kadir, Yusuf Lapanna, Husain dari Gerindra, serta tim pendukung Baktiar Tijjang dari Songko celkaE dan kampus IAS (Institut Andi Sapada). (*terkini)