PAREPARETERKINI.COM, PAREPARE – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Parepare, Totok Budiyanto, A.Md.IP, SH, mengungkapkan rasa syukur dan kebanggaannya setelah empat orang pegawai Lapas Parepare mendapatkan promosi jabatan manajerial di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan.

Pelantikan tersebut berlangsung di Aula Pancasila pada Kamis, 29 Agustus 2024, dan dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sulsel, Taufiqurrahman, S.Sos., S.H., M.Si.

Sebanyak 38 pejabat manajerial dan 1 pejabat non-manajerial dilantik dalam acara tersebut, termasuk Rahmat Efendi, A.Md.IP, yang kini menjabat sebagai Kepala Rutan IIB Makale, Dedy Sutaryadi R, A.Md.IP, SH, MH sebagai Kepala Rutan IIB Malino, Mursaid, SH, MH sebagai Kepala Sub Bagian Tata Usaha (TU) Lapas IIB Takalar, dan Muhammad Basir, S.AP sebagai Kepala Seksi (Kasubsi) Registrasi di Lapas IIA Parepare.

Dalam sambutannya, Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Taufiqurrahman, menekankan pentingnya kerjasama dan komunikasi yang baik dalam menjalankan tugas.

Ia menegaskan bahwa mutasi dan promosi jabatan adalah hal biasa dalam organisasi yang dinamis, dengan tujuan untuk melancarkan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi, serta memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Menjadi seorang pemimpin harus mampu percaya diri, bersinergi, berkolaborasi, dan bekerja sama dengan jajaran serta stakeholder lainnya. Kebersamaan adalah permulaan, bersama adalah kemajuan, dan bekerjasama adalah keberhasilan,” ujar Taufiqurrahman dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Taufiqurrahman menekankan bahwa jabatan yang diberikan harus disyukuri dan dijaga dengan mengedepankan kejujuran, keikhlasan, integritas tinggi, serta prestasi.

Dia juga meminta kepada seluruh pejabat yang dilantik untuk bekerja maksimal, memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dan menjadi teladan yang baik dalam menjalankan tugas maupun sebagai anggota masyarakat.

“Seluruh pejabat harus mampu membaca visi dan misi ke depan yang disampaikan oleh pimpinan, serta membangun komunikasi yang baik dengan seluruh jajaran baik internal maupun eksternal. Salah satu tolak ukur keberhasilan organisasi adalah lancarnya saluran komunikasi di antara anggota organisasi tersebut,” tegasnya.

Kegiatan pelantikan ini juga dihadiri oleh Kepala Divisi Administrasi, Indah Rahayuningsih, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Hernadi, seluruh Kepala Satuan Kerja se-Sulawesi Selatan, serta para pejabat administrator dan pengawas di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sulsel.

Dalam kesempatan tersebut, Taufiqurrahman memberikan beberapa arahan strategis kepada para pejabat yang dilantik, di antaranya pentingnya adaptasi cepat terhadap tugas pokok dan fungsi, peningkatan motivasi dan semangat kerja, serta menciptakan suasana kerja yang kondusif.

Acara ini menjadi momentum penting bagi Lapas IIA Parepare, yang semakin memperkuat perannya dalam mendukung keberhasilan Kemenkumham Sulsel melalui promosi jabatan yang diberikan kepada empat pegawai terbaiknya. (*terkini)