PAREPARETERKINI.COM, PAREPARE – Pemahaman yang komprehensif tentang pentingnya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta tata kelola keuangan daerah yang baik menjadi poin utama dalam sosialisasi bagi pejabat pengelola keuangan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kota Parepare.

Hal itu diungkapkan Penjabat Wali Kota Parepare, Akbar Ali, di Auditorium BJ Habibie. Sabtu, (7/9/2024).

Akbar Ali, dalam sambutannya mengingatkan seluruh pejabat pengelola keuangan untuk bekerja secara profesional serta menjaga integritas dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Akbar menekankan bahwa sosialisasi ini bertujuan agar setiap SKPD dapat lebih serius dan fokus dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Dia berharap, pendampingan dan bimbingan yang diberikan dapat memperkaya wawasan para pejabat, sekaligus menjadi pedoman penting dalam meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah ke depan.

“Karena potensi terjadinya permasalahan pengelolaan keuangan di masa yang akan datang masih cukup besar dan sukar dihindari,” ujar Akbar.

Akbar Ali juga menegaskan pentingnya kesiapan SKPD dalam menghadapi berbagai tantangan tersebut dengan cara memperbaiki dan memperkuat sistem pengelolaan keuangan yang ada.

Meskipun demikian, Akbar Ali juga mengingatkan agar setiap kesalahan yang pernah terjadi dalam pengelolaan keuangan dapat dijadikan pelajaran penting.

Dia menilai, kesalahan tersebut dapat menjadi motivasi bagi para pejabat untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan kinerja ke depan.

“Saya ingin kesalahan yang dilakukan dapat menjadi pelajaran dan motivasi untuk melakukan perbaikan juga penyempurnaan kinerja yang diamanahkan,” tegasnya.

Dengan adanya pemahaman yang lebih baik dan komprehensif, Akbar berharap pengelolaan keuangan daerah akan semakin baik, yang pada akhirnya berkontribusi pada peningkatan PAD dan kesejahteraan masyarakat Kota Parepare. (*terkini)