PAREPARETERKINI.COM, PAREPARE – Penjabat Wali Kota Parepare, Akbar Ali hadir dan menutup resmi Festival Genre yang merupakan rangkaian peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2024 di halaman Rumah Jabatan Waki Kota Parepare, Ahad malam, (4/8/2024).

Penutupan festival ditandai dengan Grand Final Pemilihan Duta Genre (Generasi Berencana) Parepare 2024.

Prosesi penutupan dihadiri unsur Forkopimda Parepare, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Parepare Amarun Agung Hamka beserta jajaran, dan jajaran Pemkot Parepare.

Dalam sambutannya, Akbar Ali mengapresiasi pelaksanaan Festival Genre, dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah ikut mensukseskan ajang menyemarakkan Harganas ini.

Akbar Ali mengemukakan, tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan remaja tentang kesehatan produksi dan gizi remaja, memperluas keterpaparan program GenRe di lingkungan masyarakat, meningkatkan kapasitas dan kreativitas remaja untuk menghadapi bonus demografi dan Indonesia emas dan menjadi delivery agent terhadap upaya percepatan dan penanggulangan stunting.

“Pemerintah Kota Parepare telah banyak berbuat agar para siswa dan siswi mempunyai masa depan yang gemilang, dengan pendidikan gratis dari jenjang SD sampai SMP, dan siswa yang berprestasi maupun siswa yang kurang mampu diberikan bea siswa,” kata Akbar Ali.

Dia berharap dengan terpilihnya Duta GenRe akan mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan sebaik mungkin sehingga hadirnya di tengah masyarakat memang benar dirasakan.

“Saya berpesan kepada para Finalis Duta GenRe, untuk dapat mengajak rekan sebaya, lingkungan dan masyarakat tentang pentingnya menjadi Generasi yang Berencana. Kegiatan Duta GenRe yang kita laksanakan ini, dalam rangka menciptakan tenaga motivator atau remaja yang memiliki pengetahuan, bersikap dan berprilaku sebagai remaja, namun penuh dengan perencanaan yang matang dalam menapaki masa depannya,” harap Akbar Ali.

Duta Generasi Berencana atau GenRe adalah putra-putri terbaik bangsa yang terpilih melalui proses penjaringan.

Program Generasi Bencana (Genre) diluncurkan oleh pemerintah lewat BKKBN untuk merespons permasalahan remaja saat ini.

Seorang Finalis Duta GenRe, nantinya mampu melangsungkan jenjang pendidikannya secara terencana, berkarier dalam pekerjaan secara terencana dan menikah dengan penuh perencanaan.

Adapun fokus kegiatan program Generasi Berencana ini ada tiga fungsi, yaitu yang pertama adalah sebagai promosi penundaan usia kawin, dan mengutamakan sekolah dan berkarya di usia muda atau usia produktif, sehingga menjadi matang dalam memutuskan sesuatu.

Fungsi kedua sebagai penyediaan informasi kesehatan reproduksi seluas-luasnya, sehingga tidak terjebak dengan Narkoba, HIV/AIDS dan kehamilan yang tidak diinginkan.

Dan yang ketiga adalah sebagai promosi merencanakan kehidupan berkeluarga dengan sebaik-baiknya, kapan menikah, kapan punya anak dan berapa jumlah anak. (*)