Beranda Parepare Pemkot Parepare Gelar Orientasi Mubllig dan Muballigha Jelang Ramadan 1445 Hijriah

Pemkot Parepare Gelar Orientasi Mubllig dan Muballigha Jelang Ramadan 1445 Hijriah

36

PAREPARETERKINI.COM, PAREPARE Penjabat Wali Kota Parepare yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Dede Harirustaman menyampaikan sambutannya pada kegiatan orientasi muballig yang dilaksanakan di kompleks Baruga Rumah Jabatan Wali Kota Parepare, (8/3/2024).

Muballigh kata dia merupakan faktor penentu keberhasilan jalan dakwah ke jalan Allah yang mengibarkan panji-panji islam dan mengupayakan sistem islam dalam realitas kehidupan.

“Pemerintah mengakui peran muballigh sangat penting mengingat peran sosial yang diemban bukanlah mudah untuk dilaksanakan,” katanya.

Pada era gobalisasi masuknya berbagai budaya luar akan sangat mudah tanpa adanya penjaringan sebagai tugas muballigh untuk menjaga akhlak moral masyarakat.

“Partisipasi muballigh dalam masyarakat mestinya mempunyai efek yang membangun, yaitu berpikir, menulis dan berbicara masalah pembangunan dalam kerangka islam dengan formula yang baru sesuai dengan konteks kekinian,” jelas Dede.

Fungsi muballigh dan muballigha menururt dia adalah fungsi kebudayaan spiritual, kultur dan mentalitas.

“Perilaku masyarakat senantiasa berubah, karenanya muballigh dan muballigha mesti melihat gejala-gejala sosial yang terjadi diera modern ini, agar masyarakat tetap berada pada koridor yang benar melalui pencerahan dakwah dan pembangunan spritual,” terangnya.

Lebih lanjut, mantan Camat Soreang itu menambahkan bahwa pembangunan sosial yang ada senantiasa diperankan para muballigh yang dapat membangun peradaban masyarakat bangsa yang tangguh dalam menghadapai persoalan.

“Kami selaku pemerintah tetap mengajak kepada kita untuk senantiasa berkontribusi mendukung pelaksanaan pembangunan di kota yang kita cintai ini,” imbuh Dede

Ia juga berpesan kepada para muballigh untuk menyampaikan ceramah merujuk pada ketetapan pemerintah.

Sementara, Kepala Kemeneterian Agama Kota Parepare, Fitriadi menyampaikan surat edaran yang dikeluarkan Menteri Agama tentang panduan pelaksanaan ibadah menyambut Bulan Suci Ramadan dan perayaan Idul Fitri.