Beranda Parepare Kendalikan Inflasi, Pemkot Parepare Gelar Pasar Murah Jelang Bulan Suci Ramadan

Kendalikan Inflasi, Pemkot Parepare Gelar Pasar Murah Jelang Bulan Suci Ramadan

35

PAREPARETERKINI.COM, PAREPARE – Pemerintah Kota Parepare bergerak dalam upaya pengendalian harga barang kebutuhan pokok khususnya menjelang Bulan Ramadan. Salah satunya melalui Gerakan Pangan Murah (GPM).

Diketahui gerakan ini serentak dilakukan di semua Kota/Kabupaten di Sulawesi Selatan,  4-8 Maret 2024.

Asisten II Setdako Parepare sekaligus Sekretaris Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Parepare, Andi Ardian Asyraq mengatakan, Gerakan Pangan Murah ini untuk membantu masyarakat mendapatkan bahan pokok harga murah dan menjamin kebutuhan pangan terutama selama Ramadan.

Gerakan Pangan Murah di Parepare diawali di pelataran Masjid Terapung BJ Habibie, Kecamatan Bacukiki Barat dan Lapangan Kavaleri Kecamatan Soreang, Senin (5/3/2024). Kegiatan dimulai pukul 09.00 Wita.

Andi Ardian menekankan, yang menjadi atensi adalah harga barang kebutuhan pokok yang bergejolak di antaranya beras.

Berdasarkan hasil pantauan bersama jajaran terkait Pemkot Parepare di Pasar Rakyat Lakessi, Ahad (4/3/2024), Andi Ardian mengaku, sebenarnya yang bergejolak itu adalah beras jenis premium. Sementara beras medium tetap stabil terkendali.

“Beras medium atau SPHP ini stabil terkendali. Harganya Rp10.900 per kg atau Rp54.500 per 5 kg. Yang tidak terkendali itu beras premium. Tapi itu kan berlaku hukum pasar, supply and demand. Harga naik karena permintaan tinggi, namun kan yang mengkonsumsi beras premium adalah masyarakat golongan ekonomi menengah ke atas,” ungkap Andi Ardian.