PAREPARETERKINI.COM – Pemerintah daerah Sulawesi Selatan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mendapat vaksin CoronaVac sebanyak 164.620 vial atau 329.240 dosis untuk anak berumur enam tahun hingga 11 tahun.
Kedatangan dosis tersebut merupakan kali kedua yang sebelumnya telah diterima sebanyak 182.800 dosis untuk delapan kabupaten. Delapan kabupaten itu meliputi Kota Palopo, Kota Parepare, Kabupaten Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Soppeng, Toraja Utara dan Gowa.

“Kemarin itu sudah masuk (vaksin anak) dan distribusi sudah jalan, memang kemarin yang datang itu baru delapan kabupaten, tapi kemarin sudah datang vaksinnya untuk anak,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Sulsel Husni Thamrin, kemarin.

Lebih lanjut diurai Husni, dan yang telah diterima saat ini, diperuntukkan bagi 24 kabupaten. Kota Makassar, kata dia menjadi daerah yang memperoleh jatah vaksin terbanyak yakni 33.220 vial, kemudian disusul Kabupaten Bone sebanyak 17.560 vial.

Meski vaksin Coronavac baru didistribusi ke 24 kabupaten, lanjut dia vaksinasi anak telah berlangsung dengan menggunakan vaksin jenis sinovac.

Menurutnya, vaksin anak yang dilakukan pada semua kabupaten/kota digelar di sekolah. Selain itu, Dinkes meminta kepada Dinas Pendidikan untuk menyampaikan ke orang tua murid terkait adanya vaksinasi untuk anak umur 6-11 tahun di sekolah, dalam hal ini Sekolah Dasar.

“Harapannya orang tua mendampingi anak, karena ini menyangkut screening, yang tahu riwayat penyakit anak itu adalah orang tuanya,” Terangnya. (*)